Jakarta dan Bandung dengan Budget Seadanya, Bisa?

16:09

Tidak semua orang setelah melangsungkan acara wedding bisa lanjut honeymoon, beruntung saya dan pasangan di beri kesempatan untuk menghabiskan waktu berdua Wisata ke Jakarta dan Bandung.

Kebanyakan teman-teman saya berfikir bahwa jalan-jalan setelah acara pernikahan adalah hal mustahil, mungkin terkendala biaya yang sebelumnya sudah banyak habis untuk persiapan pesta, acara adat, dan izin dari pihak keluarga.

Kenapa saya memilih rute Jakarta dan Bandung, karena saya udah setuir ini belum pernah lihat MONAS  haha…

Yess udah nyampe Monas 😆

untuk kamu khususnya yang tinggal di luar pulau jawa, gimana sih bisa tetap Honeymoon walau Budget yang seadanya? yukk dibaca.

Berikut sedikit tips dari saya yang akan memulai traveling bersama travelmate

1, Terbang di low season / shoulder season
Terbang saat low season pesawat jadi lebih sepi dan harga ticket pun lebih murah.

2, Untuk liburan singkat Minimal 3 hari untuk keliling 2 Kota.
tapi jika masih punya waktu libur yang lebih panjang  akan lebih baik lagi karena bisa mengunjungi tempat-tempat wisata di tepi-tepi kota.

3, Sebelum Pesan ticket di Traveloka atau di situs yang lain cek Bagian PROMO
Sering ada potongan Harga untuk sekali Transaksi ticket pesawat atau penginapan (cont. Minimal transaksi 1 juta mendapatkan potongan Rp. 200 ribu).

4. Gunakan Point yang sudah terkumpul untuk potongan harga ticket.
Point ini juga berguna untuk mendapatkan potongan harga untuk penerbangan, penginapan dan juga ticket kereta api.

5. Budget Penginapan
Pilihlah penginapan yang harganya dibawah 200 k, fasilitasnya lebih dari cukup.  Jika ingin merasakan menginap ditempat mewah,  satu malam saja,  sisanya di penginapan low budget. lebih baik ambil penginapan 'Tanpa sarapan" karena akan lebih murah, sekalian bisa mencicipi jajanan lokal di tempat tujuan traveling kamu.

6. Bawalah perlengkapan seperlunya saja
Membawa perlengkapan seperti pakaian dan Amenities yang lain seperlunya saja, atau berdasarkan perhitungan berapa hari kamu singgah di kota tersebut, agar saat Boarding kamu tidak di kenakan biaya tambahan sekaligus tidak membuat repot diri sendiri.

Penerbangan dari pekanbaru ke Jakarta cukup padat saat hari keberangkatan saya,  saat boarding pun sedikit mengalami kendala,  antri cukup lama dikarenakan ada Bapak-bapak yang marah-marah tidak Terima kalau pesawat ini mengalami Delay,  dia meminta kompensasi di awal, sempat bikin kami yang antri jadi kesal. "Yahh menurut saya kalau tidak mau delay naik pesawat yang lebih mahal dijamin gak bakal ada delay-delay gini, kalau saya Bersyukur sekali dengan ada nya maskapai murah ini Impian saya jalan-jalan keliling Dunia bisa terwujud. Hahah...

Pekanbaru - Jakarta Rp.  466.000.. Yeaayyy...

Lumayan murah kan.. Biasanya ke Jakarta berkisar 500 k atau 600 k  harus sabar-sabar nungguin kapan ticket murahnya muncul,  karna harga bisa berubah-ubah.

Pesawat Landing di Bandara Soekarno-Hatta,  dengan perasaan campur aduk dalam hati berkatah... Apa cuma Gue umur segini baru nginjak kan kaki di Bandara , Lol.

Di Bandara soeta untuk transportasi menuju kota atau Stasiun Gambir bisa menggunakan bus Damri yang operasionalnya sampai jam 12 malam,  ongkos bus Rp. 40.000, jadi tidak perlu khawatir kalau kamu ambil penerbangan malam.

Transportasi Berbasis Online ada gak di Bandara soeta?

Untuk Kendaraan Berbasis online sepertinya belum diperbolehkan menjemput penumpang di Bandara,  bukan hanya Soeta sepertinya di Seluruh Bandara di Indonesia.Mungkin dikarenakan belum adanya kerja sama.

Tetapi karena sudah cukup kemalaman saya tidak menggunakan Shuttle bus,  karena jarak tempuh yang cukup jauh dan kemacetan ibukota,  diperkirakan kalau saya tetap menggunakan bus akan sampai lewat tengah malam di penginapan yang sudah kami pesan sebelumnya,  akhirnya saya tetap pesan Transportasi online walau harus kucing-kucingan dengan petugas penertiban di Bandara..  Jangan di tiru ya guys!!!.

Tujuan saya menuju Stasiun Gambir karena keesokan siangnya saya akan naik kereta api menuju Bandung. Saya memilih menginap di area stasiun Gambir untuk menghindari kemacetan, Bonusnya dari sini cuma 10 menit berjalan kaki menuju Monas.

Karena masuk tol dan keluar tol lebih mempersingkat waktu sampai ke penginapan jam 11 malam.  Biaya transportasi berbasis online + biaya Tol Rp.  145.000.

Untuk penginapan :

N Hotel Majapahit
di Jalan Majapahit No.  12, petojo selatan. Gambir. Kota jakarta
Telp.  021- 3505542

Karena sudah seharian melakukan perjalanan Pekanbaru-Jakarta yang cukup melelahkan, ditambah delay dengan kompensasi 2 bungkus roti dan air mineral,  kami akhirnya tidur nyenyak sambil berharap besok saat bangun pagi cuaca bersahabat agar bisa mengunjungi Monas.

Selamat pagi Jakarta....

Beberes sebelum keluar penginapan karena siangnya harus capcus ke Bandung,  jadi jangan sampai barang-barang berceceran,  bersiap-siap keliling jakarta,  hal pertama yang kami lakukan adalah cari sarapan di sekitar jalanan,  karena ingin menghemat budget penginapan yang dipilih "Tanpa Sarapan"... Hahaha...

Ternyata cari sarapan cukup sulit di sekitar Taman Monas,  untungnya kami membawa beberapa cemilan roti dan air minum..  Saat traveling penting membawa makanan di tas ya untuk berjaga-jaga saat tidak menemukan makanan yang pas.

Akhirnya kami makan siang di sekitar jalan Majapahit ada Rumah makan Padang.   Lagi-lagi makan nasi padang,  padahal niatnya mau cobain makanan asli disini.total biaya makan berdua di RM.Padang + Teh es manis Rp.  75.000.

Jam menunjukkan pukul 11: 00, harus buru-buru check-out, karena kaki udah mulai gempor jalan kaki,  akhirnya pesan Gocar menuju penginapan,  dan untuk tarif gocar sudah tertera di Aplikasi tidak perlu khawatir, lebih murah lagi Pakai GO-PAY.

Harus buru-buru karena keberangkatan kereta Api Jakarta menuju bandung Jam 12:35 dengan tarif Rp. 105.000/perorang untuk klas Excecutif. Telat sedikit bisa hangus.  Jadi karena jalanan jakarta itu tidak satu arah,  padahal dekat tapi harus memutar lebih jauh lagi, dan itu akan memberatkan pak driver.  Jadi saya dan abang rela geret2 Koper ditengah kota supaya saat penjemputan abang GO-CAR gak perlu putar arah, sekalian tarif nya bisa lebih murah. haha... "perhitungan amat.

Ke Kota Bandung naik Kereta Api di Stasiun Gambir atau Stasiun Senen?

Nahh..  Pasti pada bingung apa perbedaan Stasiun Gambir dan Stasiun Senen,  Stasiun Gambir diketahui adalah stasiun untuk pemberangkatan kereta kelas eksekutif. Adapun Stasiun Senen adalah stasiun untuk pemberangkatan kereta kelas ekonomi dan bisnis.

Boarding di Stasiun Gambir

Sebenarnya sih sama saja mau ekonomi atau eksekutif yang penting sama-sama sampai ke tujuan dengan selamat.  Hehhe...  Perbedaan ada pada fasilitas yay,  eksekutif dan bisnis pastinya lebih nyaman dan Aman.  Dan  yang penting sesuai isi kantong masing-masing.

Dan ternyata saat Pemeriksaan tiket yang pemesanannya via online seperti Traveloka, ticket boarding nya Harus diprint sendiri di Mesin yang sudah disediakan.  Sempat bingung gimana cara printnya, saya bertanya dengan mbak yang berada disebelah saya tapi di cuekin,  mungkin si mbak takut jangan-jangan saya tukang tipu yang kalau nepuk pundak korban nya langsung nurut serahin barang branded ehh barang berharga 😀.  Saya nanya lagi dengan suara agak keras, " mbak ini Gimana Cara print ticketnyaaa", akhirnya si mbak jawab pertanyaan saya.

Cara Print ticket nya Tinggal masukkan kode di Ticket yang sudah dipesan via Online, Disudut kanan Atas,  jangan Smpai salah,  tekan search,  kemudian muncul nama pemesan, pilih semua.  Kemudian Print. Selesai. Kemudian pergi ke pintu pemeriksaan ticket,  naik ke Lantai Atas menuju " Keberangkatan" .

Saya beri 2 jempol untuk kereta Api Argo Parahyangan tujuan Jakarta -Bandung yang Tepat waktu. Dan Stasiun Gambir yang Rapi,  bersih dan aman.

Sekian cerita nya ya ...  Semoga bermanfaat.